ISMA-Setiap orang pasti ingin dikenal orang dengan pribadi yang baik dan positif. Namun, terkadang ada beberapa sifat buruk yang tanpa kita sadari sering dilakukan.

Hal itu bisa membuat orang lain menjauh, seperti beberapa kebiasaan dibawah ini :

  1. Playing Victim

Sifat seseorang yang berlagak sebagai korban. Dia selalu bersikap seperti orang yang perlu dikasihani.

Seriap bertemu dia akan bercerita betapa susah dan sakitnya masalah yang menerpanya. Ingat! Masalah datang bukan untuk dilebih lebihkan tetapi untuk diselesaikan.

  1. Selalu meminta validasi orang lain

Sesekali meminta pendapat atas pilihan yang buat adalah sesuatu yang baik. Tetapi jika terus menerus meminta pendapat bahkan untuk hal remeh, seperti warna pakaian yang cocok, itu hal yang sangat menyebalkan.

  1. Terlalu sering posting dimedsos

Terkadang orang berlwbihan menggunakan media sosial, dan selalu posting kegiantannya seperti baru bangun tidur, sarapan, dll.

Hal itu akan membuat orang bosan sampai ilfeel. Jadi, posting seperlunya aja ya.

  1. Suka memotong pembicaraan orang lain

Saat orang bercerita, dia hanya ingin didengarkan, jangan memotongnya. Jika kamu tidak ingin dibenci orang itu. Meskipun seseorang itu memceritakan hal yang sudah kamu ketahui, biarkan saja, dengankar, tunggu sampai selesai. Itu akan membiat orang merasa dihargai.

  1. Tidak mengembalikan barang yang dipinjam

Tentu saja orang tidak suka jika ada seseorang yang meminjam barangnya dan tidak dikembalikan. Sebaiknya, segera kembalikan barang yang pinjam jika urusanmu sudah selesai.

Perlu diingat, kembalikan barang dengan keaadaan sama seperti kamu menerimanya.

  1. Emosi yang meledak – ledak

Hal itu mencerminkan kecerdasan emosional yang rendah. Orang lain bisa mencap mu sebagai orang yang tempramental, juga bisa membuat orang lain takut dann menjauh darimu.

  1. Suka membatalkan janji

Tenti sangat menyebalkan punya teman yang seperti ini. Kamu mempersiapkan semuanya, tiba-tiba temanmuembatalkan janji yang sudah disepakati.

Sesekali mamang perlu membatalkan janji, untuk menyelesaikan masalah yang mendadak. Tapi jika terlalu sering, berarti itu sudah menjadi kebiasaanmu dan menjelaskan bahwa kamu pribadi yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

  1. Biang gosip

Meski kegiantan ini menyenangkan bagi sebagian orang, tapi sebaiknya kita hindari kegiatan ini.

Selain berdampak buruk bagi korban, nama baik si biang gosip jadi tercemar. Orang orang cemderung tidak menyukai biang gosib, karena dianggap kurang kerjaan.

  1. Terlalu Serius

Hidup memang membutuhkan keseriusan untuk mencapai tujuan, tapi karena kefokusan itu, kamu cuek pada sekitar. Banyak orang yang merasa terabaikan dan mulai menjauhimu, karna kamu dianggap terlalu serius dan tidak bisa diajak bercanda.

Sebaiknya, jika urusanmu sudah selesai dan kamu mempunyai waktu luang, lalu ada seseorang yang mengajakmu keluar, sebaiknya terima.

Kamu harus bisa menyeimbangkan antara keseriusan menata masa depan dan melakukan refreshing.

  1. Terlalu terbuka diawal pertemanan

Jika ada seseorang yang baru masuk fase awal perkenalan tapi, dia sudah menceritakan seluk beluk kehidupannya. Bahkan yang oaling parah dia menceritakan masalah pribadinya, padahal baru saja kenal.

Hal itu tidak akan meninggalkan kesan friendly tapi akan meninggalkan kesan yang buruk.

Nah, itu dia beberapa contoh perilaku bisa membuatmu dijauhi orang lain. Jadi, sebaiknya kita hindari hal hal diatas. Agar kita dapat dikenal orang lain sebagai pribadi yang baik dan positif.