ISMA – Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk sukses. Tentu saja hal itu tidak bisa didapatkan dengan mudah apalagi bagi para pemalas.

Maka dari itu, pelan pelan kamu harus rubah kebiasaan buruk itu. Bermalas-malasan tidak akan menghasilkan apapun. Orang-orang sukses menjalani harinya dengan produktif dan disiplin.

Jadilah pribadi yang disiplin dengan mengikuti beberapa kebiasaan positif dibawah ini  :

1. Bangun lebih pagi

Ada baiknya kamu bangun saat alarm mu pertama kali berbunyi, jangan ditunda. Itu tidak baik bagi kesehatan, kamu akan pusing ketika bangun 10-20 menit setelah alarm keduamu berbunyi.

Bangun setidaknya pukul 04.00-05.00 a.m. Kamu akan mempunyai banyak waktu untuk mengisi energi. Ingat! Jangan tidur lagi.

2. Pemanasan/Olahraga

Olahraga baik untuk tubuh dan kesehatan. Kamu bisa berlari dihalaman rumah/kompleks, bermain sepeda, atau yang paling mudah yaitu melakukan Yoga, itu bisa dilakukan didalam rumah.

Kamu bisa melihat video yoga diinternet. Luangkan waktu sekitar 30 menit untuk berolahraga.

3. Mandi kontras

Cara mandi ini bagus untuk melancarkan peredaran darah. Pertama kamu mengguyur tubuhku menggunakan air hangat, supaya pembuluh darah mengembang. Setelah itu, lakukan hal yang sama menggunakan air dingin, agar pembuluh darah menyempit.

Perlu diingat! Jika kamu punya riwayat penyakit jantung, jangan lakukan mandi ini. Mandi seperti biasa saja.

4. Meditasi

Caranya kamu duduk seperti teratai atau bersila, letak tanganmu dibelakang, badanmu harus tegak. Pejamkan mata, berusahalah untuk tenang, ikuti alur nafas mu.

Ini dilakukan supaya kamu bisa lebih mengontrol emosi. Lakukan selama 15 menit.

5. Sarapan Sehat

Kamu bisa sarapan dengan oatmeal, susu, buah-buahan, sereal dan lain-lain. Hindari makanan cepat saji, seperti mie instan. Itu sangat buruk bagi kesehatan.

6. Membaca

Bacalah buku yang sekiranya akan bermanfaat. Contohnya buku fiksi. Orang sukses bisanya gemar membaca, dalam sehari kita harus meluangkan waktu untuk membaca.

7. Merencanakan kegiatan

Pernah dengar istilah to do list? Ya, sebaiknya kamu mencobanya. Catat jadwalmu untuk hari ini, besok, lusa dan seterusnya. Cara baio untuk mengefektifkan waktu.

8. Perhatikan pakaimu dan jaga kebersihan

Pakailah baju yang nyaman dan rapi. Baju yang sudah tidak kamu pakai bisa dibuang atau jika masih layak, sebaiknya sumbangkan.

Kebersihan rumah juga harus dijaga, sisihkan waktu untuk
membersihkan rumah.

9. Kontrol keuangan

Cara hampir sama seperti pada nomor 7. Kamu bisa buat wish list apa saja yang akan kamu beli, utamakan kebutuhan priotas, catat pengeluaran.

Dengan begitu, keuanganmu akan terkontrol.

10. Podcast

Kamu suka mendengarkan sesuatu? Alih alih mendengarjan musik, lebih kamu dengar podcast/story telling yang berisi ilmu pengetahuan.

Kamu tahu? Banyak orang yang bertambah pintar, karena mendengarkan podcast ditengah kemacetan.

11. Koneksi yang bagus

Punya banyak teman baik itu bagus. Itu bisa menambah pengalaman mu saat bercerita dengan seseorang dan bisa  mengutungkanmu diberbagai masalah.

12. Tidur lebih awal

Setelah lelah melakukan kegiatan seharian. Istirahatlah, tidur paling lambat pukul 10 malam.
Kita harus mengisi energi untuk esok hari.

Hindari kegiatan yang berpotensi untuk bergadan, seperti bermain hp.

13. Jangan lengah

Yang terakhir dan yang paling penting, kamu tidak boleh lengah harus konsisten.

Saat kamu melakukan kebiasan ini beberapa hari kamu masih semangat, tapi saat sudah seminggu kamu pasti mulai bosan rasa malas kembali menerjang.

Yang harus kamu lakukan hanyalah terus melakukan kebiasan itu. Ini adalah fase dimana kamu melawan dirimu sendiri, dan setelah kamu berhasil melewati fase ini.

Kebiasan-kebiasan ini akan terus menempel padamu. Kamu berhasil menjadi seseorang yang lebih baik lagi dari sebelumnya.