ISMA – Halo Sahabat, kali ini saya ingin mengenalkan bahasa tubuh untuk menandakan orang sedang berbohong? Apakah Kamu? yuk simak penjelasannya.

1.Menjilat dan Menggigit Bibir

Orang yang terpaksa berbohong akan sulit berbicara karena mulutnya menjadi kering. Hal ini disertai penjelasan sederhana yaitu, saat seseorang merasa tertekan, sistem saraf otonom akan menurunkan produksi air liur. Jika Kamu memberinya air, Maka dia akan meminumnya dengan sangat cepat.

2.Menahan Bahu dan Menonggakan Dagu

Jika seseorang menahan bahu untuk mengucapkan sesuatu padamu. Mungkin mengindikasikan bahwa sedang merasa insecure tentang perkataannya sendiri.
Orang yang sedang berbohong akan berusaha membuat kata-katanya terdengar kuat sehingga dagunya akan tempak mendongak secara otomatis.

3.Menjaga Kedua Mata Terbuka Lebar

Psikolog mengatakan bahwa pembohong gak akan bisa mempertahankan kontak mata untuk waktu yang lama. Namun jika seseorang berbohong dan ingin Kamu mempercayai apa yang mereka katakan, maka mereka akan mencoba menatapmu tepat di mata untuk membuat diri mereka sendiri tampak dipercaya.

4.Memiringkan Kepala

Charles Darwin memperhatikan bahwa manusia, sama halnya seperti hewan, akan memiringkan kepala mereka jika sedang merasa sangat tertarik pada sesuatu. Pembohong juga akan memiringkan kepala pada saat mengulur-ulur waktu pada saat menjawab pertanyaan.

5.Menarik Kerah dan Menyentuh Leher

Gerakan ini memungkinkan seolah-olah Dia benar-benar memikirkan pertanyaanmu. Dalam bahasa tubuh gerakan ini dapat diartikan sebagai “Saya gak yakin bisa setuju dengamu”

6.Mangarahkan Jari Telunjuk Padamu

Menunjuk jari dianggap sebagai salah satu gerakan yang paling agresif. Jika seseorang menanggapi pertanyaamu dengan menunjuk menggunakan telunjuk maka mereka mungkin sedang berpura-pura marah.Mereka akan berpikir bahwa Kamu melakukan itu sebagai tanda pertahanan diri.

Selain itu,reaksi seperti itu menjadi salah satu si pembohong membuatmu yakin kalau pertanyaan atau tuduhan yang kamu lontarkan sekarang adalah suatu kesalahan.

7.Berpegangan Pada Suatu Benda

Saat seseorang sedang berbohong, Ia akan berada dalam kondisi rentan atau tertekan sehingga membutuhkan pegangan agar lebih stabil. Si pembohong kemungkinan akan berpegangan pada dinding, meja, kursi dan benda-benda lain yang dapat membantu perasaan mereka lebih stabil.