ISMA – Ingin puasa maksimal, ini dia makanan minuman yang harus dihindari selama berpuasa.

Saat ini umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan 1441 H di tengah kondisi pandemik COVID-19. Seluruh umat muslim akan berpuasa menahan lapar dan haus selama hampir 14 jam. Karena itu, asupan makanan dan minuman harus benar-benar kita perhatikan, baik saat sahur maupun saat waktu berbuka puasa.

Namun, seringkali kita asal-asalan dan makan dalam porsi besar saat sahur dan berbuka demi membalas dendam perut yang keroncongan seharian.
Nah, supaya kita bisa menjaga kesehatan tubuh di bulan yang suci ini, ada baiknya makanan dan minuman ini dihindari ketika sahur dan berbuka. Apa saja sih?

1. Kopi atau Teh – Merasa Cepat Haus

Hobi menyesap kopi atau teh saat sahur dan berbuka?Bagi sebagian orang, kopi dan teh memang menyenangkan. Tetapi mengonsumsi kopi dan teh saat sahur sebaiknya dihindari. Sebab, kopi ataupun teh mengandung kafein yang disebut kurang efektif dalam menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi saat berpuasa. Selain itu, Zat ini bersifat diuretik. Hasilnya, akan mudah terangsang untuk sering buang air kecil dan merasa cepat haus.

2. Permen Karet – Penyebab Maag

Hobi mengonsumsi permen karet demi membersihkan gigi dan menyegarkan nafas? Sebenarnya permen karet tidak baik bagi lambung. Mengunyah permen karet membuat lidah menghasilkan ludah dalam jumlah banyak.
Ludah yang asam ini berpotensi menaikkan kadar asam dalam lambung. Tidak heran jika hal ini membuat kita rentan terserang maag.

3. Makanan Cepat Saji – Berat Badan Cepat Naik

Terbiasa makan makanan cepat saji karena ingin praktis saat sahur dan berbuka?Selain tidak sehat, makanan ini juga membuat rasa kenyang tak bertahan lama. Selain itu, lemak di dalam tubuh akan menumpuk dan mendongkrak berat badan.

4. Minuman Bersoda – Merasa Cepat haus Hingga Diabetes

Minuman ini mungkin terasa sangat menyegarkan setelah seharian menahan dahaga. Tapi ternyata minuman bersoda, minuman berperisa buah, minuman berenergi, dan minuman mengandung susu tak baik dikonsumsi saat sahur atau berbuka. Bukan cuma mengandung gula tinggi yang bisa mengakibatkan diabetes, minuman ini juga membuat merasa cepat haus lagi.

5. Kangkung – Membuatmu Ngantuk dan Lemas

Zat mineral kalium bisa ditemukan di dalam kangkung dalam jumlah yang lumayan banyak.Zat ini akan mengakibatkan tekanan darah berkurang, sehingga kita merasa lemas dan mengantuk.

6. Makanan Manis – Energi Cepat Hilang

Mungkin memang makanan manis bisa mengembalikan energi pada tubuh, karena mengandung gula cukup banyak. Namun, energi dari makanan manis juga mudah cepat menguap. Hasilnya, dalam 3-4 jam, kita akan merasa lapar lagi. Selain itu, makanan manis bisa menyebabkan diabetes.

7. Gorengan – Radang Tenggorokan Hingga Kolesterol

Gorengan mungkin sudah jadi menu takjil. Padahal tanpa disadari, kudapan satu ini mengundang kolesterol dalam tubuh. Bahkan, minyak berlebihan dalam gorengan bisa melukai tenggorokan dan menyebabkan radang.

8. Makanan Asam dan Pedas – Gangguan Lambung Bahkan Kerusakan Dinding Lambung

Makanan yang bersifat asam dapat merangsang reaksi negatif pada lambung. Karenanya sebaiknya dihindari saat sahur. Hal ini menjadi pemicu lambung menjadi sakit saat berpuasa. Contoh makanan asam antara lain adalah makanan yang menggunakan banyak jeruk nipis ataupun cuka.

Sama seperti makanan asam, makanan pedas juga tidak disarankan saat menyantap makan sahur. Jenis makanan ini juga bisa merangsang lambung. Contohnya makan sambal berlebihan.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus kita kurangi dalam berpuasa. Jadi gimana, sudah siap bergaya hidup sehat selama puasa? Pastinya ya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat menjalankan ibadah puasanya