ARTIKEL

9 Tips Mempelajari Bahasa Asing

Oleh : Vivi (MAN 1 Cianjur)

ISMA – Kalian tertarik dengan bahasa asing?Apakah kalian ingin mempelajarinya?Mempelajari bahasa asing merupakan investasi bagi manusia, karena mengingat bahasa merupakan salah satu kemampuan penting untuk dijadikan sebagai penilaian melamar pekerjaan, bahkan bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan di negara lain, bahasa asing menjadi penting untuk dipelajari dan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang asing. Ada 9 poin agar kalian ingin menguasai bahasa asing

1.Belajar intensif ketimbang mengambil periode waktu yang panjang.

Belajar secara intensif lebih efektif dibanding mengambil kelas dalam periode yang panjang.
Misalnya, mengambil kursus intensif dua minggu di mana kalian belajar selama enam jam sehari daripada kursus selama 10 minggu dengan belajar selama satu jam sehari. Itu karena bahasa adalah jenis subjek yang membutuhkan banyak pengulangan dan konsistensi.

2.Menonton film favorit dalam bahasa asing

Ini adalah cara yang bagus untuk belajar bahasa lebih cepat. Saat akan mempelajari bahasa baru, ada empat komponen yang harus difokuskan yaitu membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.
Menonton film atau acara TV yang di-dubbing dalam bahasa ibu, hanya meningkatkan kemampuan untuk mendengarkan dan memahami. Namun jika menambahkan subtitle, akan membantu keterampilan mendengarkan dan memperluas kosa kata.

3.Mengunduh aplikasi bahasa

Aplikasi bahasa diumpamakan sebagai teman, yang sangat berguna ketika mulai belajar bahasa asing. Dan juga ketika bepergian ke tujuan di mana kalian akan berbicara dengan bahasa tersebut.Selain itu, terdapat aplikasi yang dapat menerjemahkan frasa untuk memberikan referensi kata-kata tertentu.

4.Membaca buku dalam bahasa asing.

Membaca adalah bagian penting dari pembelajaran bahasa yang sering diabaikan banyak orang. Karena dianggap, berbicara lebih penting ketimbang membaca. Tetapi membaca akan membantu dalam memahami cara kerja bahasa dan akan memperluas kosakata.

5.Berbicara dengan penutur asli.

Jika ada satu hal yang harus dilakukan untuk belajar bahasa lebih cepat maka harus berbicara dengan penutur asli. Ini adalah bentuk latihan terbaik yang bisa dimiliki. Ini mungkin tidak nyaman, tapi itulah cara belajar.

6.Bergabung dengan grup berbicara bahasa asing.

Hal terbaik berikutnya berbicara dengan orang lain yang mempelajari bahasa yang sama dengan kalian pelajari. Pasalnya, anggota kelompok bahasa asing tidak akan memberikan percakapan yang cepat dan intens, seperti yang dilakukan penutur asli, tetapi masih bisa membantu untuk berbicara.

7.Berlatih bahasa setiap hari.

Tidak ada jalan instan untuk belajar bahasa asing. Jika ingin menjadi cukup mahir untuk melakukan percakapan, maka harus berlatih setiap hari. Sambil belajar , juga harus mencatat dan menghafal konsep-konsep baru, berlatih berarti hanya berbicara bahasa asing sebanyak yang di bisa. Mengulang dan mengulang kata, sangat membantu untuk membenamkan kata asing dalam pikiran.

8.Jangan takut membuat kesalahan.

Jika akan belajar bahasa asing maka harus menerima bila membuat kesalahan. Terkadang, terlihat serba salah, tapi tidak ada cara untuk menyiasatinya. Jika kalian terlalu takut untuk melakukan kesalahan, kalian tidak akan pernah benar-benar sampai pada tahap percakapan.

  1. Travelling ke negara yang berbahasa asing yang kalian pelajari

Hal terbaik yang dapat di lakukan ketika mencoba mempelajari bahasa baru, adalah bepergian ke negara yang bersangkutan.Kalian bisa menjadi mahir begitu berinteraksi dengan warga lokal.

Belajar terbaik adalah saat Anda dipaksa untuk menggunakannya, dan di negara asing, Anda akan dipaksa untuk menggunakannya. Untuk itu bagi kalian pejuang bahasa asing maka kalian jangan mudah putus asa ketika mempelajarinya hal ini bisa saja sebuah cobaan agar kalian menjadi mahir.

Baca Selengkapnya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker