ISMA, Cianjur – Hallo Sahabat ISMA! Kali ini saya akan membahas tentang topik yang sangat menarik yaitu mencintai diri sendiri atau juga sering disebut self love.

Perkara mencintai tentunya kita sering merasakan yang namanya jatuh cinta pada orang lain. Namun, sudahkan kita jatuh cinta pada diri kita sendiri?

Ketika jatuh cinta kepada orang lain, tentunya kita akan melakukan apapun yang membuat dia bahagia, bahkan meskipun hal itu sulit kita akan tetap lakukan. Bisakah kita melakukan hal yang sama kepada diri sendiri?

Mencintai diri sendiri pada kenyataannya bukan perkara yang mudah, perlu perkenalan lebih dalam kepada diri sendiri.

Kita harus mengetahui apa kekurangan dan kelebihan diri kita sendiri, kemudian belajar untuk menerima itu semua apa adanya.

Pernahkah kalian merenung? Kemudian memikirkan apa kekurangan kalian. Hal itu adalah langkah yang baik untuk mengenal diri sendiri. Namun sering kali kita sulit menerima, bahkan merasa kita tidak berguna jika dibandingkan orang yang lebih hebat

Kalian harus tau, bahwa manusia itu pada dasarnya memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar, jadi jangan kalian jadikan alasan untuk menekan diri kalian sendiri

Justru sebaliknya, kekurangan itu dapat kalian jadikan sebagai bahan introveksi diri untuk menjadi orang yang lebih baik kedepannya

Pada dasarnya kita memiliki banyak kekurangan. Namun, kita dapat bertumbuh menjadi orang yang lebih baik seiring dengan berjalannya waktu.

Membandingkan kelemahan kita dengan kelebihan orang lain adalah sesuatu yang tidak adil, karena sebenarnya kita tidak selalu harus membandingkan diri kita dengan orang lain agar terlihat unggu

Setiap manusia pasti memiliki kelebihannya masing-masing dan pasti memiliki jalan suksesnya masing-masing

Maka dari itu, mulailah dengan mengenal dirimu sendiri, kenali bakat dan cita-citamu serta bagaimana cara meraihnya

Jangan pernah merasa gagal dalam berusaha, karena kegagalan itu adalah ketika kita berhenti berusaha. Jadi Sahabat, mulailah untuk mencintai dirimu sendiri.