ISMA – Halo Sahabat ISMA, kali ini saya ingin membahas Self Talk, jadi, Self Talk adalah seperti berbicara dengan diri sendiri? Apakah Anda sering melakukannya. Yuk, simak penjelasannya!

Self Talk adalah cara kita berdialog dengan inner voice diri sendiri saat menghadapi berbagai macam situasi. Dengan demikian, Self talk adalah pembicaraan yang terjadi dalam pikiran anda sebelum bereaksi dengan orang lain.

Menurut penelitian, setiap hari seseorang akan berbicara dengan dirinya sendiri (self talk) sebanyak 50 ribu. Sebuah angka yang luar biasa, bukan? Jika dalam sehari semalam rata-rata tidur 8 jam, misalnya, berarti 16 jam dalam kondisi terjaga.

Maka jika dihitung setiap menitnya, Anda melakukan self talk sebanyak 52 kali. Artinya, hampir setiap detik anda melakukan komunikasi atau berbicara dengan diri sendiri.

Manfaat Self Talk

Berikut ada beberapa kebaikan yang diperoleh jika kita melakukan positive self talk. Yaitu lebih mudah berdamai dengan situasi sulit yang tidak bisa dikontrol misalnya gugup pada saat sedang presentasi di kelas.

Kita sadar yang akan membantu mengurangi rasa gugup itu adalah pikiran-pikiran kita sendiri dengan cara berpikir optimis pada diri mengatakan “Saya bisa melewati ini”. Hasilnya diri akan lebih mengingat energi positif sehingga bisa lebih percaya diri.

Selanjutnya menyelamatkan diri dari stress, seseorang yang sedang mengalami tekanan hidup berat hingga depresi cenderung merasa tidak berdaya dan pasrah dalam menghadapi hidup.

Dengan melakukan komunikasi self talk dengan kalimat-kalimat positif, secara tidak langsung akan lebih menerima diri dan berusaha melewatinya.

Di samping itu, penelitian menunjukkan bahwa mengatakan kalimat positif untuk diri sendiri dapat mengontrol stres kehidupan. Kemudian, membantu diri melakukan self-reflection mengingat apa yang telah kita alami sembari memetik pelajaran dari setiap pengalaman membantu kita menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi.

Salah satu jembatan untuk melakukan hal tersebut adalah dengan mengajak diri sendiri berbicara.Sudah sampai mana diri ini berproses, apa saja kekuatan dalam diri yang dapat dipertahankan, dan apa saja kekurangan diri yang dapat diperbaiki.

Setiap dari kita memiliki suara batin yang ingin didengar. Berbicara dengan diri sendiri (self-talk) memiliki peran yang signifikan untuk kekuatan mental sebab manusia sering mengingat dan mengatakan hal negatif pada dirinya. Padahal, apa yang kita katakan terhadap diri sendiri, jika itu negatif, bisa lebih membahayakan daripada kejadian buruk yang kita alami.

Lakukan Positif Self Talk ya, akan mampu mengubah pola pikirmu