BERITA

Beberapa Siswa SMKN 1 Cianjur Berhasil Lulus SNMPTN

ISMA, Cianjur – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 telah diumumkan dan sudah dapat diakses di situs resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Rabu (8/4/2020).

Baca Juga: Curhatan Pelajar yang Lulus dan Tidak Lulus SNMPTN

Menurut Guru Bimbingan Konseling Agustina Soetedjo mengatakan, di SMKN 1 Cianjur yang lulus SNMPTN sejauh ini 4 orang.

“Guru memberi arahan atau motivasi belajar itu harus dimulai dari kelas X sampai kelas XII, serta memberikan Informasi mengenai perguruan tinggi maupun swasta,” katanya saat dihubungi wartawan ISMA, Kamis (9/4/2020).

Baca Juga: Ini Daftar Siswa MAN 1 Cianjur yang Lulus SNMPTN

Agustina juga menambahkan, jika memang ingin melanjutkan pendidikan harus diputuskan dari awal dan mencari informasi sebanyak-banyaknya, serta pilih prodi yang sesuai dengan latar belakang sebelumnya atau jurusan di SMK dan minatnya.

“Bagi yang belum lulus di SNMPTN jangan patah semangat,jangan putus asa karena masih banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan.” ucapnya.

Baca Juga: Kiat Sukses Salma Zahra, Siswi SMA Berpenghasilan Rp12 Juta Perbulan

Berikut daftar siswa SMKN 1 Cianjur yang lulus lewat jalur SNMPTN.

 NoNamaKelasUniversitas/KampusProdi
1.KarimaXII AKKUL 2Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) BandungKarawitan
2.Moch Reza KurniawanXII RPL 1Universitas Pendidikan Indonesia  (UPI) Kampus CibiruPendidikan Multimedia
3.Salman AlfariziXII RPL 1Universitas Pendidikan Indonesia  (UPI) Kampus CibiruRekayasa Perangkat Lunak
4.Muhammad Alqi FahreziXII TKJ 2Universitas Islam Negeri (UIN) JakartaSistem Informasi

Muhammad Reza Kurniawan, siswa kelas XII RPL 1 berhasil lulus di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), program studi (prodi) Pendidikan Multimedia (S1) Kampus Cibiru.

“Alhamdulillah ya cukup senang, karena berkat usaha, do’a dan dukungan dari orang-orang terdekat saya. Terimakasih banyak,” kata dia.

Baca Juga: Ananda Febriani, Organisator Cantik Asal SMKN 1 Cipanas

Dia juga mengatakan, pada dasarnya jalur SNMPTN ini seleksinya melalui pemeringkatan dasar dari nilai raport semester 1-5. Jadi ia bersyukur dapat mengikuti pembelajaran dari kelas 10 sampai kelas 12 dengan cukup baik.

“Harapannya, bisa menjadi mahasiswa yang baik, ta’at agama, selalu ngado’a ka allah, supaya orangtua bisa terus mendukung baik moral maupun materialnya.” harap Reza.

Baca Juga: Grestine Dwivanya Organisator Cilik Asal SMPN 1 Cianjur

Begitupun dengan Karima siswi kelas XII AKKUL 2, bersyukur dapat diterima di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Fakultas Seni Pertunjukan prodi Karawitan.

Karima pun mengungkapkan kesulitannya dalam melengkapi berkas SNMPTN, khususnya pada prodi yang ia pilih.

“Yang paling greget itu di portofolio nya karena untuk karawitan sendiri itu banyak sekali yg harus di isi. Yang pertama itu, musikalitas atau menirukan melodi dengan nada dan ritmis dengan tepuk tangan, harus benerbener fokus dan sambil di video,” ungkapnya.

Baca Juga: Hanni, Mahasiswi Penggerak dan Founder Teras Literasi Cianjur

Karima pun berharap, ilmu yang diperoleh di UPI khususnya prodi Karawitan dapat bermanfaat bagi dirinya.

“Harapan nya pengen benerbener fokus, punya temen temen yg baik, tetep konsisten ngejar cita-cita sampe jadi sarjana, dan ilmu yang didapat disana bisa bermanfaat diterapkan di kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Baca Juga: Lekas Pulih, Lagu Fiersa Besari di Tengah Pandemi Covid-19

Kabar gembira juga didapatkan oleh Muhammad Alqi Fahrezi siswa kelas XII TKJ 2 yang dapat lulus di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.

“Perasaan yang senang karena ini merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi,” ujar Alqi.

Baca Juga: M Deni Maulana, Siswa SMPN 1 Karangtengah Dengan Segudang Prestasi Puisi

Alqi pun mengungkapkan, usaha yang ia lakukan sebenarnya sangatlah sederhana.

“Saya hanya perlu memastikan bahwa nilai rapor saya tidak ada yang turun dari kelas 10 sampai kelas 12. Jika memang ada yang turun dalam satu atau dua semester mungkin bisa masih diusahakan kembali di semester selanjutnya agar bisa kembali meningkat,” ungkap Alqi.

Baca Juga: Perjalanan Sony, Sosok Ketua Forum Anak Cianjur Saat Ini

Alqi pun menambahkan, bukan hanya nilai saja yang menjadi bahan pertimbangan. Prestasi yang dicapai saat masa sekolah juga akan sangat membantu untuk hal ini. Ia pun berharap ilmu yang dipelajarinya nanti bisa bermanfaat.

“Saya berharap agar saya bisa memberikan hal yang bermanfaat bagi banyak orang dari ilmu yang saya dapat nanti setelah diterima di universitas yang saya inginkan,” tambahnya.

Baca Juga: Rachel Triana Azzahra, Influencer Muda Asal SMAN 2 Cianjur

(Neng Dini)

Tags
Baca Selengkapnya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker