ISMA, Cianjur – Berbicara kuliner di Jawa Barat tentu sangat banyak, apalagi di Cianjur salah satunya yaitu Bubur Ayam Sampurna (BAS).

Bubur ayam Sampurna merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Cianjur yang letaknya di Jalan H. Agus Saleh No.48, Solokpandan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Bubur ayam ini didirikan pada tahun 1997 oleh Haji Aep Saepul Ahyar.

Dinamakan BAS karena awalnya usaha bubur ayam ini didirikan di depan toko Sampurna.

Hal ini menjadikan masyarakat lokal penasaran dengan julukan tersebut, sehingga mereka mulai mencoba bubur ayam ini hingga tempat ini tidak pernah kosong dari pembeli sampai saat ini.

Bahkan, tidak jarang di akhir pekan para pengunjung dari luar kota ikut mencoba bubur khas cianjur ini. Hal ini sampai membuka cabang sendiri di Jalan Jendral Sudirman, Purwakarta.

Bubur Ayam Sampurna buka setiap hari pada pukul 06.00-22. 30 WIB kecuali di hari raya. Harga bubur ayam ini begitu terjangkau di saku pembeli mulai dari harga Rp9 ribu sampai Rp13 ribu per porsi.

Selain bubur ayam, ada juga sop krim duren, sop buah dan aneka jus yang tersedia dan bis dipesan melalui aplikasi

Salah seorang Asisten BAS, Fitri mengatakan, jumlah karyawan yang bekerja disini sekitar 8 orang, yaitu tangan tangan kreatif merekalah yang bisa menjadikan bubur ayam ini diminati banyak orang.

Ciri khas dari BAS ini dibanding bubur ayam lain yaitu dari rasa pepesnya.

“Pepes BAS dibuat dengan beberapa bahan yang berbeda, bahkan beras yang digunakan berasal dari beras khas Cianjur yaitu beras Pandanwangi.” singkatnya. (Vivi Silvia)