ISMA – Di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19, beredar informasi simpang siur tentang virus ini yang belum jelas kebenarannya. Hal ini sangat meresahkan masyarakat. Maka dari itu, beberapa organisasi Internasional maupun Nasional membuat situs resmi terkait informasi virus Corona.

Situs ini berisi tentang penyebaran virus Covid-19, lokasi yang sudah terinfeksi, jumlah kasus yang terkonfirmasi, pasien yang sembuh dan meninggal.

Berikut daftar situs terpercaya untuk memantau penyebaran virus Covid-19 di Indonesia dan dunia :

Situs Pemprov Jawa Barat

Link : https://pikobar.jabarprov.go.id

Dalam situs ini terdapat data mengenai seluruh jumlah kasus Covid-19 di Jawa Barat, pasien sembuh, pasien meninggal, jumlah ODP dan DPD. Dilengkapi cara pencegahan dan nomor call center

Situs Pemprov DKI Jakarta

Link : https://corona.jakarta.go.id

Berisi data penyebaran virus Covid-19, lokasi mereka yang terinfeksi, jumlah yang menunggu hasil tes, serta nomor call center.

Situs Johns Hopkins University & Medicine

Link : https://coronavirus.jhu.edu/map.html

Coronavirus Resource Center adalah peta interaktif yang memungkinkan para pengguna mendapatkan informasi dan bertanya seputar virus Corona.

Situs World Health Organization (WHO)

Link : https://experience.arcgis.com/experience/685d0ac521648f8a5beeeee1b9125cd

Menyediakan grafik kasus Covid-19 di dunia setiap hari.

Situs Microsoft

Link : https://www.bing.com/covid

Menyediakan peta interaktif Bing Map yang berisi penyebaran virus Corona didunia. Sumber informasi diambil dari WHO, CDC, badan kesehatan Eropa (ECDC), dan Wikipedia.

Situs New York Times

Link : https://www.nytimes.com/interactive/2020/world/coronavirus-maps.html

New York Times membuat situs yang tersedia bagi orang yang ingin mengetahui informasi penyebaran virus Corona di seluruh negara. Tersedia dalam bentuk grafik dan charts yang mudah dipahami.

Nah, enam situs diatas adalah contoh dari beberapa situs terpercaya yang membahas tentang virus corona atau Covid-19. Jangan biarkan kita terjebak oleh berbagai berita hoax. Cari informasi dari sumber yang jelas dan kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan.