ISMA, Cianjur– Hallo sahabat ISMA! kali ini Nita dan Zain ingin membahas tentang metode pembelajaran Bahasa inggris, dan penerapan peraturan baru di MAN 1 Cianjur, yaitu English Day.

Pengertian metode pembelajaran itu sendiri adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Suatu cara yang dipilih oleh pendidik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Untuk metode pembelajaran Bahasa Inggris, terdapat bebagai cara yang bisa ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu menguasai bahasa tersebut. Metode pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan di sekolah umumnya menggunakan buku Bahasa Inggris dan disesuaikan dengan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah.

English Day Dilakukan Otodidak

Selain itu, metode pembelajaran Bahasa Inggris yang bisa dilakukan secara otodidak adalah belajar dengan menggunakan musik, dan film. Hal ini banyak sekali dilakukan di kalangan pelajar, dan sangat membantu mereka. Dengan menonton, dan mendengar musik barat, maka akan meningkatkan kemampuan mereka dalam speaking, dan writing.

Karena mereka akan melihat teks Bahasa Inggris dan ikut mengucapkan kata demi kata dalam bahasa tersebut. Selain itu, metode ini juga membantu mereka untuk mengetahui kosa kata baru dalam Bahasa Inggris.

Selain dari kedua cara tersebut, praktek berbicara dalam Bahasa Inggris juga merupakan hal yang penting. Karena dapat membiasakan para pelajar untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Maka dari itu, MAN 1 Cianjur menerapkan peraturan baru, yaitu English Day.

English Day adalah peraturan yang mewajibkan para murid MAN 1 Ciajur untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris. English Day ini dilaksanakan seminggu sekali, yaitu setiap hari Selasa.

Peraturan ini sangat baik karena dapat meninggkatkan kemampuan berbahasa inggris para murid. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pada murid MAN 1 Cianjur.

Karena, untuk murid-murid yang awalnya takut untuk berbicara Bahasa Inggris karena takut melakukan kesalahan, menjadi tertantang untuk percaya diri. Hal ini pun bisa menjadi sarana belajar karena para murid bisa saling mengoreksi bila ada pengucapan Bahasa Inggris yang salah.

Semoga kedepannya peraturan ini bisa terus berlangsung dengan baik. Pihak sekolah pun dapat menyediakan buku panduan khusus untuk murid MAN 1 Cianjur agar lebih mempermudah mereka dalam mempraktekan berbicara dalam Bahasa Inggris. Diharapkan para guru dapat membimbing siswa-siswi agar mau menyukseskan English Day ini.(*)