ISMA, Cianjur – Forum Anak Cianjur (FAC) menggelar audiensi bersama Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman dalam rangka peringatan hari anak nasional di Pendopo Cianjur, Kamis (23/07/2020). Dalam kegiatan ini membahas tentang penanganan masalah yang kerap dialami anak-anak, termasuk kekerasan yang hingga saat ini dinilai semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Di hari yang bersamaan, FAC juga menggelar kegiatan yang bertemakan “Sejuta Perahu Untuk Cahaya Baru” yang diikuti oleh beberapa siswa baik SMP ataupun SMA se-Kabupaten Cianjur yanh diselenggarakan di kantor Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA) Cianjur.

Moch Abdu Sony Ihsanotaki ketua umum FAC mengatakan, kegiatan ini digelar agar pemerintah mendengar bahwa anak pun memiliki masalah dan tentu memiliki hak sebagai seorang anak.

“Permasalahan anak juga harus disampaikan agar pemerintah mampu bertindak menyejahterakan anak di pedesaan dan perkotaan,” tuturnya kepada wartawan Majalah Isma, Kamis (23/07/2020).

Anak muda yang kerap dipanggil Sony ini mengatakan, ada beberapa hal yang disampaikan dalam kegiatan itu. Ia menilai bahwa pemerintah tidak bisa langsung melihat permasalahan yang ada di lapangan.

“Pertama apa permsalahannya, kita jabarkan, lalu solusinya apa untuk pemerintah Cianjur mengurangi permasalahan anak. Ketiga harapan dari anak-anak untuk kabupaten Cianjur dan pemerintah untuk selalu meilhat di sini ada anak untuk masa depan kita,” katanya.

Ia pun menjelaskan, FAC tidak membatasi anak-anak Cianjur, melainkan seluruh anak yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Di sini ada yang dari kidul, Cipanas, Tanggeung, di Forum anak ini tergabung dari semua sekolah tanpa terkecuali,” jelasnyanya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini, keluh kesah anak di Kabupaten Cianjur bisa tersampaikan dan pemerintah bertindak demi menyejahterakan anak-anak.

“Suara kita selalu didengar karena kita adalah anak-anak yang akan melanjutkan kepemimpinan di Kabupaten Cianjur,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Anak Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA) Kabupaten Cianjur, Dedi Ahmad berharap, Kabupaten Cianjur dapat menjadi Kabupaten Layak Anak.

“Harapan saya dari kegiatan forum anak ini, saya mengharapkan kabupaten Cianjur ini menjadi layak anak karena Cianjur telah mendapatkan gelar Kabupaten layak anak kategori pratama. Cianjur baru pemula, belum masuk madya.” kata dia. (afs, Azri)