ISMA – Film Capernaum mengisahkan seorang anak laki laki di Lebanon beranama Zain. Zain terlahir dari keluarga yang miskin, ia harus bekerja dan berdagang bersama adik-adiknya di jalanan.

Kehidupannya yang berat membuat Zain melarikan diri dari jeratan orangtuanya yang kejam. Ia harus bertahan hidup dijalanan dan tinggal dengan seorang Migran dari Ethiopia yang bekerja tanpa surat surat resmi.

Zain harus mengurus bayinya sebagai imbalan nya. Konflik semakin rumit ketika perempuan Ethiopia itu dideportasi. Zain harus kembali kejalanan bersama bayinya, untuk bertahan hidup.

“Saya kecewa pada orang tua saya” kata Zain saat persidangan.

“Kecewa kenapa?”

“Karena melahirkan saya”

Film Capernaum disutradarai oleh Nadine Labaki ini dirilis pada tanggal 20 September 2018 di Lebanon dalam bahasa Arab. Capernaum bahkan mendapatkan nominasi Oscar untuk Best Foreign Language Film of the Year. Film berdurasi 126 menit menghabiskan biaya produksi $4.000.000 dan menghasilkan keuntungan $64.413.178. Dalam IMdb, capernaum mendapat rating 8,4.

Capernaum mengangkat tema unik dengan penggambaran politik kemiskinan dan ekploitasi anak, film ini berfokus dalam perspektif anak anak dalam menghadapi konflik yang rumit, perjuangan Zain ditengah brutalitas yang ia hadapi dijalanan, Zain tumbuh menjadi pribadi yang berbeda, dengan berani Zain menuntut kedua orang tuanya karena telah melahirkan nya tetapi tidak bisa menghidupkan nya.

Karakter Zain yang diperankan oleh Zain Al rafeea adalah pengungsi suriah. Begitu pun dengan pemeran lainya adalah Mereka yang mempunyai kehidupan yang menyerupai cerita dalam film itu. Tak heran jika Setiap adegan dalam film sangat realis, jujur dan mengalir apa adanya.

Bagaimana Pesan yang Tersirat dari Film Capernaum ini?

Selayaknya film manapun pasti akan selalu ada pesan moral apapun yang disampaikan oleh film tersebut. Film Capernaum ini juga memberikan banyak pesan Moral.

Dalam filmnya, Nadine Labaki menggambarkan perasaan anak anak dijalanan ketika ditanya mengenai perasaannya ketika hidup didunia. Seperti pada salah satu adegan dimana Zain mengatakan “pesan ini untuk orang dewasa yang tidak mampu membesarkan anak anaknya. Apa yang akan Aku ingat? Dari kekerasan penghinaan atau pemukulan. Hidup adalah masalah besar. Anak yang kau lahirkan akan seperti aku”

Berikut ini Trailer dari Film Capernaum