ISMA, Cianjur – Teras Literasi Cianjur adalah sebuah komunitas yang dibentuk sebagai wadah untuk mereka yang memiliki hobi dibidang literasi, yang didirikan pada 9 Maret 2020 di Cianjur.

Hanni Siti Nur Handayani selaku pendiri mengatakan, diberi nama Teras Literasi Cianjur (TLC) karena kita dapat belajar atau membaca buku tidak hanya dirumah, tetapi di teras-teras untuk menghilangkan kejenuhan dalam rumah.

“kita berdiskusi pun di teras kampus untuk membentuk organisasi ini,” ujarnya saat diwawancara wartawan Majalah ISMA, Senin (30/3/2020).

Tujuan Didirikan TLC

Hanni yang merupakan mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Suryakancana (UNSUR), bekerja sama dengan Dori Asra Wijaya seniman asal Solok, Padang Sumatera Barat, untuk mendirikan komunitad ini. TLC didirikan bertujuan untuk menaikan angka minat baca juga mengenalkan literasi kepada masyarakat, khususnya di daerah Cianjur sendiri.

Lapak Perpustakaan TLC

“Juga mengenalkan literasi karena kebanyakan orang mengetahui literasi itu hanya membaca dan menulis saja. Akan tetapi berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa,” ucap Hanni.

Kegiatan dan Program TLC

Vlog Bincang literasi bersama Drh. Cecep Wahyudi, SH, MH.

Hanni menjelaskan, komunitas ini bukan hanya lapak perpustakaan atau perpustakan jalanan saja, tapi ada beberapa kegiatan lain seperti:

  • Bedah Buku
  • Bedah Film
  • Vlog (Bincang Literasi)
  • Kemah Literasi
  • TLC road to school
  • Membuat buku antologi bersama
  • Menulis
  • Kewirausahaan
  • Seminar Literasi

Kepengurusan TLC

Ia juga menyebutkan, awal dibentuk TLC hanya berjumlah 8 orang, hingga saat ini anggota sudah ada 64 orang.

“Mudah-mudahan terus bertambah,” ungkapnya.

Hanni menambahkan, harapannya baik itu secara individu maupun kelompok, baiknya tidak melupakan untuk berjejaring antar pegiat literasi.

“Karena dengan berjejaring, gerakan literasi akan kuat dan bahu-membahu memperbaiki literasi bangsa,” ungkapnya.

Bedah Film

Ia berharap, salah satunya adalah meningkatkan minat membaca di Cianjur sendiri serta mengajak para pemuda untuk mabil peran, jika bukan kita siapa lagi jika bukan sekarang kapan lagi

“Semogga dengan adanya TLC ini bisa membawa perubahan,” tambahnya.