ARTIKEL

Hati-Hati Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini

ISMA– Hallo sahabat ISMA, sebaiknya mulai dari sekarang kita memperhatikan barang-barang yang kita pinjam atau kita pinjamkan baik itu pada saudara sekalipun, sebab kita tidak tahu kalo ternyata barang yang kita pinjamkan itu dapat membawa penyakit bagi diri kita.

Penyakit yang ditularkan bisa berasal dari cairan, jamur, bakteri, atau penyebab lainnya yang dapat ditularkan lewat barang-barang yang kita pinjamkan, nah berikut ini barang-barang yang sebaiknya tidak dipinjamkan:

  1. Handuk
    Ya, haduk dapat menjadi pembawa bakteri dan penyebab penyakit apabila kita meminjamkannya, terlebih ketika handuk dalam keadaan lembab. Sehingga hal ini dapat memicu penyakit gonore(kencing nanah). Maka dari itu sebaiknya kita tidak meminjamkan handuk pada siapapun dan rajin-rajinlah mencuci atau mengganti handuk agar bakteri tidak tumbuh.
  2. Alat Make Up
    Hayo loh siapa disini yang sering pinjam atau meminjamkan alat make up seperti spons, alas bedak, kuas, atau bahkan lipstik. Karena bisa jadi lipstik yang digunakan oleh lebih dari satu orang akan menyebabkan penyakit herpes. Selain itu untuk alat make up yang digunakan diwajah secara bersamaan dengan orang lain bisa menyebabkan timbulnya jerawat.
  3. Sikat Gigi
    Siikat Gigi ini yang paling rentan dalam menyebarkan penyakit apabila digunakan bersama dalam satu sikat gigi. Karena sikat gigi ini digunakan untuk bagian dalam mulut sehingga bertemu dengan cairan yang merupakan salah satu media penularannya.
  4. Alat Cukur
    Dilansir dari liputan6.com, pemakaian pisah cukur bersama-sama dapat meningkatkan resiko penularan penyakit hepatitis B, hepatitis C, hingga HIV. Ini dikarenakan saat menggunakannya ada kemungkinan untuk terluka hingga penularannya melalui darah. Selain itu pisau cukur juga dapat menularkan jamur jenis tinea coroporis yang menjadi penyebab kurap.
    Maka dari itu ada kalanya kita menghindari pinjam atau meminjam alat cukur dan simpan alat cukur di tempat yang tidak lembab.
  5. Gunting kuku
    Gunting kuku yang dipakai secara bergantian dengan orang lain yang memiliki jamur pada kakinya dapat mentransfer jamur tersebut pada kita apabila kita tidak membersihkannya terlebih dahulu.
  6. Sisir
    Sisir dapat menyebabkan kurap pada kepala dan mendatangkan kutu rambut hal ini dikarenakan kutu mudah menyebar dan menularkannya lewat sisir yang digunakan secara bersamaan.
  7. Earphone
    Siapa lagi nih yang sering pinjem earphone kalo lagi jamkos(jam kosong)?. Mulai sekarang usahakan untuk tidak meminjamkan dan pinjam earphon ya. Dilansir dari alodokter.com, bahwa infeksi saluran telinga bagian luar disebabkan oleh pemakaian earphone yang tidak bersih atau digunakan secara bergantian.

Yuk mulai sekarang kita coba untuk tidak pinjam atau meminjamkan barang-barang tersebut agar mengurangi resiko penularan berbagai penyakit.

(Nirma XI IPS 2)

Baca Selengkapnya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker