ISMA, Cianjur – Ketua RW 09 Desa Sukamaju Cianjur, Asep Muhaemin membuat cairan disinfektan sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapatkan, Minggu (22/03/2020). Seperti kita ketahui wabah virus corona atau Covid-19 sedang melanda di negara Indonesia.

Karena hal itu, Asep Muhaemin berinisiatif membuat cairan disinfektan sendiri sebelum adanya penyemprotan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur.

Adapun bahan-bahannya yaitu, Alkohol 70%, Obat Pembasmi nyamuk, Pewangi, dan Karbol. Asep menuturkan, racikannya ini memang dibuat dari bahan yang ada. Ia ingin melindungi rumahnya dan rumah warga dari jangkauan virus atau bakteri tersebut.

“Saya pakai bahan seadanya, dan insya Allah ini menurut saya bisa menangkal bakteri dan nyamuk. Walaupun tidak sama persis seperti disinfektan yang di Dinas Kesehatan, setidaknya ini langkah awal untuk menjaga keluarga dan warga saya,” kata Asep.

Salah seorang warga RW 09 Desa Sukamaju, Riki Firmansah yang membantu penyemprotan ini mengatakan, dirinya berharap wabah virus corona atau Covid-19 ini tidak menyebar di kampungnya.

“Iya saya harap semoga warga di sini enggak ada yang kena. Dan semoga racikan cairan yang dibuat Pak Asep Muhaemin bisa menjadi langkah awal pencegahan. Sebelum adanya penyemproratan dari Dinkes,” kata Riki (DetyaniAulia)