ISMA- Halo Sahabat ISMA, kali ini Saya ingin membahas mengenai makna hari kemerdekaan ditengah pandemi, pasti setiap orang berbeda-beda dalam memaknai hari kemerdekaan, yuk simak penjelasannya.

COVID 19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bukan desember 2019. Covid -19 ini sekarang menjadi sebuah pandemic yang terjadi dibanyak Negara di seluruh dunia.

Memperingati hari kemerdekaan, sejauh ini yang kita ketahui, adalah dengan upacara bendera, lomba 17 Agustus-an , karnaval, bergaya busana ala pahlawan, malam tirakatan, jalan sehat bersama dan sebagainya. orang-orangnya pun sangat antusias  dalam merayakan kegiatan tersebut. Namun, berbeda ditahun 2020 ini dikarenakan ditengah pandemi virus covid 19 tidak seperti biasanya, misalnya upacara bendera yang biasa dilaksanakan dilapangan sekarang itu dilaksanakan virtual. Tetapi,meskipun dilaksanakan secara virtual, jangan sampai membuat kendor semangat kita untuk merayakan kemerdekaan dimasa pandemi seperti sekarang ini. Semangat kita harus tetap hidup ditahun ini kita harus hidup berjuang melawan pandemic ini.

Indonesia memang sudah terbebas dari penjajahan suatu negara, tetapi ditahun ini belum sepenuhnya karena telah di jajah oleh adanya pandemi virus yang mengakitbatkan roboh nya aset negara di berbagai macam bidang. Seperti dalam bidang ekonomi, dari data Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dikuartal kedua tahun 2020 menurun sebesar -5,32 persen. Dan dalam bidang pendidikan, keputusan pemerintahan, yang memindahkan proses belajar dari sekolah menjadi dirumah yaitu daring yang membuat kelimpungan banyak pihak.

Kemerdekaan ialah terbebas dari penjajahan, ancaman dan penderitaan yang membuat rakyat sengsara. Negara indonesia telah merdeka pada 17 agustus 1945 yang sekarang sudah berusia 75 tahun.

Jadi kesimpulannya Merdeka tahun ini.ketika Kita bisa sama-sama merubah Indonesia, saling menjaga dan membantu ditengah pandemi yang melanda, terbebas dari pendemi,kuat menghadapi ujian ini, yuk sama-sama memerdekakan Indonesia dengan saling menjaga dan ikuti protokol kesehatannya.