ISMA – Akhir-akhir ini telah terjadi berbagai macam kejadian luar biasa, Di antaranya virus corona dan demam berdarah dengeu (DBD). Di sini saya akan membahas sedikit tentang corona virus covid-19.

Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. asal mula virus ini berasal dari pasar hewan di kota Wuhan China dan sampai saat ini menyebar hampir ke seluruh negara.

Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Menurut data yang dihimpun oleh WHO sebanyak 156.112 kasus hingga Minggu (15/3/2020) pukul 08.30 WIB. Dari jumlah kasus tersebut, 96 pasien berada di Indonesia.

Apa, sih gejala yang ditimbulkan dari virus ini? Namun, secara umum gejala yang di timbulkan sama seperti flu pada umumnya tetapi juga ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi Covid-19, yaitu demam, batuk, dan sesak napas.

Adapun Cara Penularan Virus Ini Yaitu:

  1. Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19.
  2. Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19.
  3. Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.

Adapun Cara Mengatasinya Yaitu:

  1. Cucilah tangan setiap saat,kegiatan ini tentu efektif mengurangi resiko terjangkitnya virus ini.
  2. Jauhi keramaian, kita tidak pernah tahu bahwa virus itu berada di mana jadi tetap lah waspada dan kurangi bepergian ke tempat umum.
  3. Jaga pola hidup seperti berolahraga , makan makanan sehat dan istirahat yang cukup
  4. Stay health guys jaga diri kalian.