Di tengah pandemi virus corona, kita wajib menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.
Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C. Ada berbagai jenis makanan yang kaya akan vitamin C, salah satunya adalah berbagai jenis buah-buahan.
Buah buahan yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk menjaga kesehatan, maupun mencegah serta mengatasi berbagai macam penyakit. Contoh manfaat vitamin C bagi tubuh di antaranya:
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengobati sariawan
Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak
Merawat kesehatan kulit
Merawat kesehatan mata
Mengoptimalkan penyerapan zat besi
Meningkatkan fungsi otak
Mengobati infeksi
Menurunkan tekanan darah tinggi
Mencegah asam urat
Mencegah kanker
Meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular (jantung, stroke)
Tips Menikmati Buah yang Mengandung Vitamin C.
Setelah mengetahui macam-macam buah yang mengandung vitamin C, berikut ada sedikit tips bagaimana cara menikmati buah-buah tersebut sehingga bisa memicu Anda untuk mengonsumsinya secara rutin.

  1. Dijadikan Sop Buah
    Baik itu beli di pedagang sop buah atau buat sendiri, yang pasti sop buah jadi cara nikmat bagi Anda dalam mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah vitamin C. Campuran buah, susu, dan es tentunya lezat, menyegarkan, dan menyehatkan.
  2. Dibuat menjadi Smoothies
    Campurkan buah tinggi vitamin C, yogurt, kacang-kacangan, dan susu kemudian blend menggunakan blender untuk menghasilkan penganan bernama smoothies ini. Dijamin nikmat dan tentunya menyehatkan.
    Adapun buah buahan yang mengandung vitamin C tinggi selain jeruk yaitu,
  3. Kiwi
    Buah dengan daging berwarna hijau ini ternyata merupakan buah tinggi vitamin C, lho! Bahkan, kandungan vitamin C pada kiwi lebih besar ketimbang jeruk. Sebagai informasi, satu buah jeruk mengandung 71 mg vitamin C, sedangkan kandungan vitamin pada buah kiwi mencapai 92,7 mg per buahnya. Selain vitamin C, kiwi juga mengandung zat bergizi lainnya seperti vitamin A, vitamin E, dan Vitamin K. Mineral dan asam lemak omega-3 juga tidak luput dari kandungan buah kiwi.
  4. Pepaya
    Pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yakni 94 mg per buahnya. Sebagai buah yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh sangat banyak, seperti memperkuat tulang dan merawat kulit. Buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan hingga mengendalikan tekanan darah.
  5. Nanas
    Sekitar 125 ml atau setengah gelas buah nanas mengandung 39-49 gram vitamin C, jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin ini. Tidak hanya vitamin C, nanas juga mengandung zat bernama Bromelain. Bromelain adalah enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah protein pada makanan, pun mengurangi rasa kembung pada perut.
  6. Stroberi
    Buah dengan rasa manis asam ini memiliki kandungan 52 mg vitamin C per 125 ml-nya. Menurut sejumlah penelitian, buah stroberi memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, gangguan syaraf, peradangan, hingga kanker sekalipun. Ini karena selain vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, zat besi, fluor, dan iodium
  7. Mangga
    Kadar vitamin C pada buah mangga memang tidak sebanyak buah-buah di atas, yakni hanya 29 mg. Namun, tetap saja buah mangga jadi salah satu sumber buah vitamin C yang patut untuk Anda konsumsi. Lagipula, mangga juga diperkaya dengan kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh lainnya, seperti polifenol yang merupakan antioksidan pencegah kanker payudara.