ISMA – Persib Bandung adalah tim besar yang telah melahirkan banyak talenta hebat dari dahulu, kini dan nanti. Itu dikarenakan kompetisi di bawah naungan Persib selalu berjalan sedemikian teratur dan didukung oleh pemerintahannya.

Persib Bandung merupakan kependekan dari Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung, klub ini didirikan pada 14 Maret 1933. Julukan untuk tim atau klub ini adalah Pangeran Biru atau Maung Bandung. Gaya khas permainan dan taktikalnya di lapangan selalu berusaha bermain elegan dan cantik, sehingga membuat pendukungnya, yang terkenal dengan sebutan The Viking, selalu setia menemani dan memberikan semangat kepada tim kesayangannya itu.

Persib Bandung ternyata bukan nama awal dari klub ini, dahulu klub ini bernama Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) yang didirikan pada tahun 1923. Pada tanggal 19 April 1930, BIVB bersama dengan klub-klub nasional-tradisional lainnya seperti VIJ Jakarta, SIVB (sekarang Persebaya), MIVB (PPSM Magelang), MVB (PSM Madiun), VVB (Persis Solo), dan PSM (PSIM Semarang) membidani lahirnya PSSI sebagai organisasi sepakbola Indonesia sampai saat ini.

BIVB kemudian menghilang dan muncul dua perkumpulan lain yang juga diwarnai nasionalisme Indonesia yakni Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB). Pada tanggal 14 Maret 1933, kedua perkumpulan itu sepakat melakukan fusi dan lahirlah perkumpulan yang bernama Persib. Klub-klub yang bergabung ke dalam Persib adalah SIAP, Soenda, Singgalang, Diana, Matahari, OVU, RAN, HBOM, JOP, MALTA, dan Merapi.