ISMA-Ekstrakurikuler Student Computer Community (SCC) MAN 1 Cianjur menggelar pertandingan Mobile Lengends pada tanggal 24-25 Oktober 2020.
Kegiatan terbuka untuk umum dan diikuti oleh 40 tim, yang masing-masing tim beranggotakan 5 orang. Turnamen ini bertujuan memajukan E-sport Cianjur, mengisi waktu luang selama di rumah juga meningkatkan minat bakat agar terciptanya player dengan skill dan attitude yang baik.


Pertandingan dilaksanakan secara online. Setiap pertandingan menggunakan custom mode 5 vs 5 match up battle. Dalam babak kualifikasi memakai sistem eliminasi. Babak semifinal, runner up dan final menggunakan sistem Best of Three yang disiarkan langsung di platform youtube official SCC.


Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya terpilihlah tiga tim peserta terbaik. Juara ketiga diraih oleh Fight Together, juara kedua oleh Draken Flame Unity dan juara pertama dimenangkan oleh Oxygen Esport. Para pemenang mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan dan sertifikat.
Riza, salah satu anggota dari tim Oxygen Esport merasa bangga mengikuti tournament game ini dan dia mengaku mendapatkan banyak pengalaman setelah mengikuti acara tersebut. “Perasaan saya yang pasti sangat senang karena turnamen ini adalah turnamen yang kami tunggu-tunggu selama berada di MAN 1 Cianjur. Turnamen ini bisa jadi turnamen terakhir kami selama di tim OxyGen, ditambah kami juga ingin membuktikan bahwa anak MAN juga bisa berprestasi di dunia E- sports,” ucapnya ketika diwawancarai reporter Majalah ISMA.


Riza juga mengatakan dengan adanya acara tersebut kita semua bisa melihat bahwa antusias dari para peserta sangatlah banyak, apalagi di season pertama ini  sudah memenuhi slot yang disediakan bahkan sampai lebih. Itu juga memperjelas bahwa Esport di Indonesia sudah berkembang sangat bagus. Jika kita lebih serius kita bisa mengambil pekerjaan dari sana, seperti para pro player lainnnya.  Ditambah E-sport juga sudah masuk ke cabang Asean Games dan sudah didukung oleh Menpora.


“Kesan kami saat mengikuti lomba tersebut, sangatlah seru juga menegangkan karena selain pesertanya dari anak MAN 1 Cianjur, banyak peserta dari luar yang ikut serta. Kami sangat mengapresiasi kepada semua panitia yang bisa mengsukseskan turnamen tersebut di season pertamanya,” lanjutnya.
Dia juga berharap semoga turnamen ini terus berlanjut dan bisa menjadi salah satu turnamen yang bergengsi di Cianjur. Semoga di Cianjur bisa melahirkan para pro player yang layak bersaing dikancah nasional maupun internasional seperti MPL dan juga M1.


Tanggapan selanjutnya datang dari Aghna Rahmat Maulana. “Perasaan saya senang dan tidak menyangka bisa memenangkan ini. Meskipun menjadi juara 2, saya tetap bangga menjadi bagian dari tim Draken Flame Unity.”


Dengan adanya acara ini bisa menjadi ajang unjuk bakat dalam bidang E-sport. Aghna berharap semoga di turnamen season selanjutnya para panitia menyediakan komentator agar pertandingan semakin seru.


Gin Gin Nurilham Muhlis dari SMPN 5 Cianjur, mengungkapkan bahwa dirinya senang menjadi juara ketiga di tournament Mobile Lengend SCC, walaupun saat itu targetnya juara satu tetapi dia dan tim sangat bersyukur.
“Menurut saya mengadakan acara seperti ini bagus karena sekarang esport itu menjadi cabang olahraga tapi masih banyak yang
kurang tahu dan kurang sarana pelaksaannya saja,” pungkasnya.
(Maharani)