ISMA – Di sini izinkan saya berbagi ilmu tentang pentingnya menuntut ilmu, ini mah bukan ceramah hanya sharing-sharing ilmu yang saya dapatkan.

Sahabat-sahabat ku yang saya cintai, kenapa sih kita harus menuntut ilmu? Apakah penting? Terus ilmu apa yang harus kita pelajari? Pasti pertanyaan tersebut pernah ada dalam benak sahabat.

Sebagaimana Rasulullah Saw telah bersabda yang artinya “Menuntut ilmu itu sangat wajib (harus dilaksanakan) bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan.”

Dalam hadist tersebut sudah tentu kita mengetahui bahwa kita sangat perlu akan ilmu sebab kalau kita tidak mempunyai ilmu kita bisa saja di bodohi dan di tipu oleh orang lain. Ilmu juga sangat penting dalam kehidupan, karena tanpa ilmu hidup kita tidak akan beres.

Contohnya seperti orang gila, kita lihat saja kehidupan mereka, tidak memiliki pemikiran dan tidak mempunyai ilmu, apakah kehidupan mereka beres? Sudah pasti tidak.

Tidak berat dibawa

Ilmu itu tidak berat untuk di bawa kemana-mana. Memang sangat berat ketika mencari nya, tetapi akan mulia saat mendapatkan nya.

Oleh karena, itu mari kita semua bersemangat dalam menuntut ilmu. Baik itu ilmu dunia atau ilmu kehidupan atau ilmu agama. kedua dua nya sangat penting untuk di pelajari. Kalau kita hanya mempelajari salah satunya saja artinya kita tidak adil dalam hal menuntut ilmu.

Kenapa bisa disebut tidak adil? Karena dalam menuntut ilmu perlu keseimbangan antara ilmu dunia dan ilmu agama, kalau kita hanya mempelajari ilmu dunia saja belum tentu kita akan merasakan nikmatnya kehidupan, bisa saja kita bahagia di dunia tapi belum tentu bisa bahagia di akhirat kelak . Pentingnya ilmu agama adalah agar kita bisa beribadah di dunia untuk mencapai ridho Allah SWT dan bahagia di tempat yang namanya surga.

Pada hakikatnya tujuan hidup kita adalah untuk beribadah. Sebagaimana Allah SWT telah ber Firman dalam Al-Qur’an yang artinya:

“Tidaklah Allah menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Nya.”

Untuk ibadah sendiri diperlukan yang namanya ilmu, ibadah tanpa ilmu akan sia-sia. Contohnya Sholat, kalau kita tidak mengetahui ilmu tentang sholat akan kah sholat kita benar? Sudah tentu tidak.

Mau solat gimana, ilmu nya saja kita tidak tahu. Nah, jadi penting sekali kita mempelajari ilmu agama khususnya ilmu dalam beribadah karena itu pokok dari kehidupan. Ketika kita memiliki ilmu dunia dan ilmu agama maka InsyaAllah kita akan merasakan bagaimana nikmatnya kehidupan di dunia maupun di akhirat.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah, kita selaku insan harus menuntut ilmu khususnya kita sebagai muslim dan muslimah kita harus senantiasa seimbang dalam menuntut ilmu. kedua ilmu tersebut sangat diperlukan di kehidupan. Yang males belajar jangan ngeluh, lawan kemalasan kita. Bulatkan tekad kita agar kita dapat terhindar dari malas.

Ingat pesan saya, memang hina ketika kita mencari ilmu. Tetapi, akan mulia ketika kita berilmu. Itulah mengapa pentingnya menuntut ilmu.