ISMA – Bagi kalian memiliki kesulitan dalam menghafal, di sini saya mempunyai Tips atau cara menghafal dengan cepat. Cara ini sangat bisa dilakukan bagi kalian yang memang kesulitan atau merasa bahwa menghafal sangat sulit. Berikut tipsnya.

Mencatat Kata Kunci dan Poin-Poin Penting

Pertama, cara atau tips yang kalian harus dilakukan agar menghafal lebih cepat adalah mencatat kata kunci atau poin-poin dari bacaan maupun presentasi, yang dirasa penting.

Membaca Catatan Berulang Kali

Setelah dicatat dan disimpan, luangkanlah waktu untuk membaca catatan yang telah kalian buat tersebut berulang agar cara menghafal berlangsung maksimal, carilah tempat dengan suasana yang tenang, bersih dan nyaman.

Membuat Sesi Tanya-Jawab

Setelah mencatat dan membacanya berulang kali, cobalah minta bantuin kepada anggota keluarga, teman, maupun orang-orang terdekat Anda untuk membuat sejumlah pertanyaan dan jawablah pertanyaan pertanyaannya dengan benar. Cara ini efektif untuk membantu Anda menguasai materi yang sedang dipelajari.

Menghafal Bersama

Jika masih merasa kesulitan dalam menghafal, cobalah untuk membentuk sebuah kelompok belajar atau kelompok diskusi kecil-kecilan bersama teman-teman Anda. Hal ini menjadi salah satu cara mudah dan menyenangkan

Teknik ‘Jembatan Keledai’

Ini adalah teknik atau cara menghafal dengan cepat yang patut sekali untuk Anda terapkan. Selain itu, teknik ini menghadirkan proses menghafal yang menyenangkan sehingga diharapkan pelakunya bisa mengingat sesuatu dengan cepat. Bagaimana, menarik bukan?

Fokus pada Satu per Satu Materi

Alih-alih ingin langsung menghafal beberapa topik materi dalam satu waktu, yang harus Anda lakukan adalah fokus terhadap satu materi terlebih dahulu.

Buat Cerita

Cara cepat menghafal yang satu ini juga menuntut kreativitas Anda. Namun percayalah, membuat suatu cerita pendek berdasarkan kata-kata yang hendak dihafalkan adalah cara efektif agar kata-kata tersebut terpatri di memori otak.

Visualisasi

Faktanya, otak kita lebih cepat untuk mengingat atau menghafal sesuatu yang berwujud visual.

Makan Makanan yang Bergizi

Jika kalian ingin memiliki kemampuan menghafal cepat, konsumsilah makanan bergizi yang kaya akan nutrisi dan vitamin, khususnya untuk otak.

Istirahat yang Cukup

Terakhir, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Otak juga perlu diistirahatkan agar fungsinya tetap optimal. Setelah selesai melakukan cara cepat menghafal di atas, istirahatlah barang sejenak. Pun demikian dengan tidur malam. Pastikan kalian begadang. (Warda Hamidah)