ISMA-Halo Sahabat ISMA, kali ini Saya ingin membahas soal trauma di masa kecil? apakah Anda pernah mengalaminya yuk kenali dampaknya disini!

Orang yang memiliki trauma di masa kecil akan sangat memiliki dampak pada pertumbuhannya diantaranya

1.Dampak Kesehatan Fisik

Orang yang mengalami trauma akan mengalami gangguan tidur, gangguan makan, sistem imun yang buruk, perkembangan otak terhambat, beresiko memiliki penyakit kardiovaskular/ penyakit jantung.

2.Dampak Kesehatan Mental

Orang yang memiliki trauma akan mengalami kecemasan,stres,depresi self esteem yang rendah, Ptsd (gangguan stres pasca trauma) dan yang paling fatal muncul pemikiran bunuh diri.

3.Dampak dalam Lingkungan
orang yang mengalami trauma akan
mengalami trust issue (masalah pada kepercayaan),sulit menjalin pertemanan dan menarik diri dari lingkungan sosial.

4.Dampak Pada Emosi
Orang yang mengalami trauma,akan merasa kesulitan mengendalikan emosi,sering menyalahkan diri sendiri,sulit konsentrasi, dan kemampuan koping terbatas

5.Dampak Pada Perilaku
Orang yang mengalami trauma akan memiliki sikap agresi (Jenis pelaku yang berniat untuk menyebabkan kerusakan fisik dan metal) seperti: sexs bebas,menjadi pelaku bullying dan penyalahgunaan obat terlarang.

Rasa trauma memang menakutkan terlebih lagi trauma di masa kecil sulit untuk dihilangkan,disini Saya ingin membagi tips berdamai dengan trauma di masa kecil

1.Jujur terhadap apa yang kamu rasakan
Untuk mengurangi rasa ketakutan, kamu harus menceritakan apa yang kamu rasakan untuk menghilangkan ketegangan supaya tenang dan nyaman.

2.Usahakan selalu berada didalam support system yang tepat

Kamu harus berada di ruang lingkup orang yang selalu mendukung kamu

3.Niatkan hati untuk mengakhiri trauma masa lalu

Kamu harus percaya bahwa Kamu bisa menjalani harimu lebih baik lagi tanpa mengalami rasa takut, dengan begitu kamu harus niatkan hati untuk melupakan dan menjalani hari baru lag

4.Cari bantuan profesional

ketika kamu mengalami trauma, sebaiknya Kamu konsultasi kepada ahlinya, agar Kamu tahu dari dampak buruknya dan cara menanggulanginya.

Jangan pernah meremehkan sekecil apapun rasa trauma yang dialami diri kamu ataupun orang lain karena penyebabnya akan sangat fatal bagi kesehatan fisik dan metal.